Thursday, May 22, 2014

Tubuh Kita Butuh Zinc

ZINC adalah salah satu dari beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Fungsi mineral ini secara umum yaitu membantu pertumbuhan manusia dan meningkatkan imunitas. Zinc yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai seng, dan dalam ilmu kimia dilambangkan dengan Zn, merupakan mineral penting yang terdapat dalam semua sel tubuh mahluk hidup.

Tubuh Kita Butuh Zinc

Lebih dari 300 macam enzim di dalam tubuh manusia memerlukan zinc sebagai kofaktor untuk menjamin optimasi fungsinya. Tanpa adanya zinc maka seluruh enzim tersebut tidak bekerja. Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa banyak penduduk yang masih menderita kekurangan mineral zinc. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya sistem imunitas (kekebalan) tubuh seseorang sehingga menjadi sangat mudah terserang berbagai penyakit (Smith, 1988).


Zinc memiliki sebutan sebagai mineral penyembuh yang sangat mendukung fungsi sistem imunitas tubuh. Telah diteliti bahwa kecepatan penyembuhan luka lebih tinggi pada pasien yang tercukupi kebutuhan zinc-nya. Oleh karena itu direkomendasikan bagi pasien yang menderita infeksi pernapasan, luka bakar, pembedahan, berbagai luka traumatis akibat kecelakaan, dan penyakit lain yang sangat membutuhkan kinerja penyembuhan yang baik. Peran mineral Zinc ini diduga sebagai aktivator enzim kolagen sintetase, yaitu suatu enzim yang berperan dalam biosintesis kolagen dan meningkatkan perbaikan jaringan.

Sumber Zinc dapat diperoleh dari sumber hewani dan nabati. Sumber-sumber zinc lain yang dapat dikonsumsi adalah daging, unggas, makanan laut ,biji-bijian, kacang-kacangan, gandum-ganduman dan produk-produk susu. Sistem penyerapan zinc yang berasal dari sumber hewani berlangsung lebih baik daripada yang berasal dari bahan nabati. Penyebab utama penghambatan penyerapan zinc dari bahan nabati adalah tingginya kadar asam fitat dalam gandum-ganduman, sereal, kacang-kacangan dan sebagainya. Asam fitat dapat bertindak sebagai antinutrisi, yang mekanisme kerjanya adalah menghambat penyerapan zinc dari bahan nabati.

Zinc Synergy

Vegetarian umumnya membutuhkan zinc dalam jumlah 50 persen lebih besar daripada kebutuhan zinc nonvegetarian. Hal ini mengacu kembali pada kandungan zat-zat antinutrisi bahan pangan nabati yang dapat menghambat proses penyerapan zinc dari jumlah yang dikonsumsi. Oleh karena itu, pada vegetarian sangat dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen zinc.

Gejala-gejala defisiensi zinc adalah keterbelakangan pertumbuhan, kerontokan rambut, diare, penundaan pematangan seksual (hipogonadism), impotensi, ruam-ruam pada mata dan kulit (dermatitis) serta kehilangan selera makan . Gejala lainnya yang juga ditemukan adalah penurunan berat badan, masa penyembuhan luka yang lambat, abnormalitas indra penciuman dan pengecap akibat parakeratosis (penebalan ujung saraf sehingga tidak sensitif), serta kelesuan mental.

Spirulina

Untuk menjaga tubuh dari defisiensi mineral Zinc dapat dibantu dengan mengkonsumsi suplemen makanan. Semua produk Synergy mengandung mineral Zinc dengan kadar yang bervariasi. Khusus untuk kaum vegetarian dapat menggunakan Spirulina Synergy dimana menggunakan kapsul berbahan nabati.

Info dan pemesanan, silahkan kontak kami di:

Toko Herbal Samarinda

d/a Rumah Detox
jl. Gerilya gg. porturin no 10 Rt 94
Samarinda


HP-WA-Line 085249669957 / 085249469377
BBM DA1E934A / D233A0AC

twitter: @detox_couch
instagram: @DETOX_COUCH
FB: Toko Herbal Samarinda

#care2share
#detoxyourbody
#slimfit

supported by:


http://tokoherbal-samarinda.blogspot.com

No comments:

Post a Comment