Tuesday, May 20, 2014

Mengenal Dismenorhea Pada Wanita

Haid atau menstruasi adalah proses alamiah pada perempuan. Normalnya, menstruasi terjadi setiap 22 – 35 hari selama 2 – 7 hari. Gangguan menstruasi dapat dilihat dari siklus yang terganggu (tidak teratur, terlalu cepat, terlalu lama), banyaknya jumlah darah yang keluar, lamanya (lebih atau kurang dari 4 – 7 hari). Ada pula gangguan menstruasi yang tidak terkait ketiga hal tersebut namun yang menyangkut yang dirasakan ketika menstruasi. Gangguan seperti itu disebut gangguan sekunder menstruasi.

Mengenal Dismenorhea Pada Wanita


Gangguan sekunder menstruasi yang paling sering dikeluhkan adalah nyeri sebelum, saat atau sesudah menstruasi. Nyeri seperti itu disebut Dismenorrhea. Nyeri tersebtu timbul akibat adanya hormon prostaglandin yang membuat otot uterus (rahim) berkontraksi. Bila nyerinya ringan dan masih dapat beraktivitas berarti masih wajar. Namun, bila nyeri yang terjadi sangat hebat sampai mengganggu aktivitas ataupun tidak mampu melakukan aktivitas, maka termasuk pada gangguan. Nyeri dapat dirasakan di daerah perut bagian bawah, pinggang bahkan punggung.

Dismenorrhea yang sering terjadi adalah Dismenorrhea fungsional (wajar) yang terjadi pada hari pertama atau menjelang hari pertama akibat penekanan pada kanalis servikalis (leher rahim). Biasanya Dismenorrhea akan menghilang seiring hari berikutnya menstruasi. Dismenorrhea yang non fungsional (abnormal) menyebabkan nyeri hebat yang dirasakan terus menerus, baik sebelum, sepanjang menstruasi bahkan sesudahnya. Kalau hal itu terjadi, penyebab paling sering yang dicurigai adalah endometriosis atau kista ovarium.

Endometriosis adalah suatu keadaan dimana endometrium berada di luar tempat yang seharusnya, yaitu di dalam rongga rahim. Endometrium sendiri merupakan lapisan yang melapisi rongga rahim. ( selaput dinding rahim ) dan dikeluarkan secara siklik saat menstruasi sebagai darah haid. Endometriosis dapat menurunkan kesehatan, kualitas hidup, dan kesuburan wanita. Hampir semua perempuan bisa terkena endometriosis sebab penyakit ini tidak mengenal perbedaan ras atau tingkat sosioekonomi.

Karena Dismenorrhea adalah proses alamiah, maka tidak ada pencegahannya. Cara mengatasi Dismenorrhea yang paling sederhana adalah mencoba mengalihkan rasa nyeri pada kegiatan lain, seperti mandi air hangat, meletakkan sesuatu yang hangat di perut, ataupun olahraga ringan. Bila tidak juga teratasi harus dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti USG untuk melihat apakah ada kista ovarium ataupun laparoskopi untuk melihat endometriosis. Dismenorrhea akibat kalainan seperti endometriosis tentu saja yang harus diatasi adalah kelainannya tersebut.

Jenis Dismenorrhea 

Ada 2 jenis Dismenorrhea, yaitu Dismenorrhea primer dan Dismenorrhea sekunder.

 1. Dismenorrhea Primer

Dismenorrhea primer terjadi sesudah 12 bulan atau lebih pasca menarke ( menstruasi yang pertamakali ). Hal itu karena siklus menstruasi pada bulan-bulan pertama setelah menarke biasanya bersifat anovulatoir yang tidak disertai nyeri. Rasa nyeri timbul sebelum atau bersam-sama dengan menstruasi dan berlangsung untuk beberapa jam, walaupun pada beberapa kasus dapat berlangsung sampai beberapa hari.Sifat nyeri adalah kejang yang berjangkit-jangkit, biasanya terbatas di perut bawah, tetapi dapat merambat ke daerah pinggang dan paha. Nyeri dapat disertai mual, muntah, sakit kepala, dan diare. Menstruasi yang menimbulkan rasa nyeri pada remaja sebagian besar disebabkan oleh Dismenorrhea primer.

Beberapa faktor berikut ini memegang peranan penting sebagai penyebab Dismenorrhea primer, antara lain :

 a. Faktor Kejiwaan

Gadis remaja yang secara emosional tidak stabil, apalagi jika mereka tidak mendapat penjelasan yang baik tentang proses menstruasi, mudah mengalami dismenore primer. Faktor ini, bersama Dismenorrhea merupakan kandidat terbesar penyebab gangguan insomnia.

 b. Faktor Konstitusi

Faktor ini erat hubungannya dengan faktor kejiwaan yang dapat juga menurunkan ketahanan terhadap nyeri. Faktor-faktor ini adalah anemia, penyakit menahun dan sebagainya.

 c. Faktor Obstruksi Kanalis Servikalis (Leher Rahim)

Salah satu teori yang paling tua untuk menerangkan dismenore primer adalah stenosis kanalis servikalis. Sekarang hal tersebut tidak lagi dinggap sebagai factor penting sebagai penyebab Dismenorrhea primer, karena banyak perempuan menderita Dismenorrhea primer tanpa stenosis servikalis dan uterus dalam hiperantefleksi, begitu juga sebaliknya. Mioma submukosum bertangkai atau polip endometrium dapat menyebabkan Dismenorrhea karena otot-otot uterus berkontraksi kuat untuk mengeluarkan kelainan tersebut.

 d. Faktor Endoktrin

Umumnya ada anggapan bahwa kejang yang terjadi pada Dismenorrhea primer disebabkan oleh kontraksi uterus yang berlebihan. Hal itu disebabkan karena endometrium dalam fase sekresi ( fase premenstruasi ) memproduksi prostaglandin F2 alfa yang menyebabkan kontraksi otot polos. Jika jumlah prostaglandin F2 alfa berlebih dilepas dalam peredaran darah, maka selain Dismenorrhea, dijumpai pula efek umum seperti diare, nausea ( mual ) dan muntah.

 2. Dismenorrhea Sekunder

Dismenorrhea sekunder berhubungan dengan kelainan kongenital atau kalainan organik di pelvis yang terjadi pada masa remaja. Rasa nyeri yang timbul disebabkan karena adanya kelainanpelvis, misalnya endometriosis, mioma uteri ( tumor jinak kandungan ), stenosis serviks dan malposisi uterus.

Dismenorrhea yang tidak dapat dikaitkan dengan suatu gangguan tertentu biasanya dimulai sebelum usia 20 tahun, tetapi jarang terjadi pada tahun-tahun pertama setelah menarke. Dismenore merupakan nyeri bersifat kolik dan dianggap disebabkan oleh kontraksi uterus oleh progesterone yang dilepaskan saat pelepasan endometrium. Nyeri yang hebat dapat menyebar dari panggul ke punggung dan paha, seringkali disertai mual pada sebagian perempuan.

Apabila Anda terdiagnosis menderita Dismenorrhea ini, produk Synergy WorldWide bisa jadi pertimbangan untuk mencegah dan mengatasi Dismenorrhea Anda, dengan layanan Konsultasi Dokter Gratis dan Jaminan 30 hari uang kembali 100 %, serta diskon 30 % untuk member Synergy WorldWide. Dapatkan Produk yang sangat bermutu dari Kami. Penggunaan suplemen makanan Synergy WorldWide dapat membantu mengatasi Dismenorrhea dan sekaligus untuk memperbaiki status gizi Anda juga.

Paket yang bisa Anda pergunakan untuk membantu mengatasi Dismenorrhea ini adalah :

Nutrisi Nyeri Haid

 - Liquid Chlorophyll
Klorofil merupakan molekul kimia yang terdapat pada tumbuhan yang aktivitas utamanya adalah membantu reaksi fotosintesis.Bagi tumbuhan, klorofil diibaratkan seperti darah dalam tubuh manusia. Struktur kimia klorofil pun serupa dengan haemo (sel darah merah). Perbedaan hanya pada inti atom pusat. Klorofil inti atom pusatnya magnesium (Mg), sedangkan haemo inti atom pusatnya adalah besi (Fe).

Liquid Chlorophyll diekstrak dari daun alfalfa (Medicago Sativa) yang disebut “Bapak” dari semua tumbuhan yang mengandung lebih dari 60 nutrisi. Liquid Chlorophyll dengan rasa mint yang segar, dapat membantu meningkatkan daya tahan dan membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya.

 - Noni Plus
Noni (Morinda citrofolia) adalah produk alami untuk kesehatan yang luar biasa. Selama berabad-abad, penduduk di kepulauan Pasifik menggunakan noni sebagai minuman tradisional penambah tenaga. Dikemas secara khusus agar khasiatnya terjaga, Noni Plus berfungsi untuk memperbaiki kondisi tubuh serta meningkatkan stamina, kekebalan dan penyerapan nutrisi. Noni Plus memiliki kemampuan untuk menetralisir radikal bebas. Tidak seperti produk noni lain, Noni Plus mengandung unsur polisakarida yang tinggi. Polisakarida merupakan senyawa berkhasiat yang telah dikenal dalam dunia kedokteran dan ilmu pengetahuan sebagai senyawa yang mudah diserap oleh tubuh. Oleh karenanya akan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan mengurangi bahaya radikal bebas.

Dosis yang dianjurkan adalah :

Liquid Chlorophyll (2x1) sebelum makan; Noni Plus (2x1/2 scoop) setelah makan.

Salam sehat ber-Synergy, semoga bermanfaat adanya. Salam..

Info dan pemesanan, silahkan kontak kami di:

Toko Herbal Samarinda

d/a Rumah Detox
jl. Gerilya gg. porturin no 10 Rt 94
Samarinda


HP-WA-Line 085249669957 / 085249469377
BBM DA1E934A / D233A0AC

twitter: @detox_couch
instagram: @DETOX_COUCH
FB: Toko Herbal Samarinda

#care2share
#detoxyourbody
#slimfit

supported by:


http://tokoherbal-samarinda.blogspot.com

No comments:

Post a Comment