Tuesday, April 29, 2014

Tanda Serangan Jantung

Kondisi serangan jantung sering digambarkan dengan rasa nyeri di dada sebelah kiri, sesak napas hingga pingsan mendadak. Tapi, terutama pada wanita, serangan jantung bisa terjadi dengan proses yang lambat, bahkan berminggu-minggu. Ini mengapa penanganan penyakit jantung sering kali terlambat.

Tanda Serangan Jantung


Seperti dikutip Health, berikut gejala-gejala gangguan jantung yang sering tersamar:

Mual
Mual dan muntah bukan sekadar gangguan pencernaan bila disertai dengan sesak napas, keringat dingin atau nyeri di dada atau punggung.

Sesak napas
Sangat sulit membedakan rasa panik dan serangan jantung karena keduanya memiliki gejala sama. Bedanya: panik terjadi karena stres dengan disertai gemetar selama kurang lebih lima menit. Sementara gejala serangan jantung pada wanita terjadi perlahan dan berlangsung lama.

Nyeri rahang
Saat serangan jantung terjadi, rasa sakit juga merambat ke rahang. Ini karena saraf yang melekat pada rahang terletak dekat jantung. Jika rahang terasa sakit terus menerus, mungkin ada kaitannya dengan masalah gigi. Namun, jika muncul-hilang, itu lebih berhubungan dengan jantung.

Kelelahan
Rasa cepat lelah menandakan bahwa aliran darah ke jantung mengalami gangguan. Jika hanya melakukan aktivitas sepele dan Anda merasa lelah, segera konsultasikan ke dokter.

Bagaimana serangan jantung terjadi?
Serangan jantung kerap dipicu oleh penumpukan lemak atau plak di arteri koroner jantung. Ketika plak menjadi kental dan keras, muncul aterosklerosis--bentuk penyakit jantung paling umum.

Aterosklerosis memblokir aliran darah dan oksigen ke jantung hingga menyebabkan serangan. Faktor risikonya adalah riwayat keluarga, tekanan darah tinggi dan atau kolesterol, obesitas, merokok, tingkat stres tinggi dan gaya hidup tak sehat.

Penyebab lainnya: pembekuan darah dan pecahnya pembuluh darah di jantung yang lazim terjadi di usia 30-50 tahun.

Bagaimana solusinya??

Untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi, maka sejak dini kita harus membiasakan pola hidup menyayangi jantung, agar kinerja jantung dan kondisi. Pola tersebut antara lain adalah:


1. Olahraga minimal 30 menit perhari secara rutin dan teratur.
Olahraga adalah salah satu cara efektif dalam melatih otot jantung, terutama olahraga cardio. Dengan olahraga secara teratur, maka peredaran darah akan lancar, sehingga nutrisi essensial yang dibutuhkan jantung akan terserap secara maksimal.


2. Mengurangi mengkonsumsi lemak jenuh (Saturated Fat).
Lemak jenuh adalah salah satu zat yang dapat menyebabkan inflamasi pada pembuluh darah, sehingga pembuluh darah secara perlahan akan mengalami peradangan. Dan apa bila terus menumpuk maka akan terjadi pengerasan dan penyempitan pada pembuluh darah.

3. No Smoking And Alkohol
Sudah banyak penelitian yang menginfokan bahwa asap rokok dan alkohol memiliki efek buruk terhadap tubuh terutama organ jantung kita.

4. Istirahat yang cukup
Selain bekerja, tubuh kita juga punya hak untuk beristirahat agar metabolisme berjalan baik. Dengan istirahat yang cukup maka kita memberi kesempatan sistem saraf parasimpatik agar mengeluarkan hormon- hormon yang akan merelaksasi seluruh tubuh kita termasuk jantung.


5. Mengurangi konsumsi gula dan garam
Seperti yang sudah sering diinfokan oleh pakar gizi dan nutrisi dunia, bahwa garam dan gula adalah elemen yang mampu mengikat lemak dan darah, sehingga akan membuat darah mengental. Darah yang mengental, akan membuat kerja jantung lebih berat.

6. Minum air putih yang cukup
Air putih yang sehat adalah salah satu elemen penting dalam tubuh yang mampu melarutkan racun dalam tubuh. Dengan air putih yang cukup, maka kondisi darah kita akan lebih "encer", sehingga kerja jantung akan lebih ringan.

7. Mengkonsumsi Nutrisi Sehat
Sebagaimana organ tubuh yang lain, jantung pun perlu "makanan" agar kinerja tetap baik. Arginin adalah salah nutrisi jantung yang terbaik saat ini. Karena arginin akan membantu pembuluh darah dan otot jantung dalam menerima pasokan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan setiap saat. Nah salah satu produk arginin terbaik yang telah memperoleh Nobel Prize adalah Proargy 9+ sebagai nutrisi alami untuk memperoleh jantung sehat.


Salam sehat selalu....

Untuk info dan pemesanan Proargy 9+ dan nutrisi sehat lainnya, silahkan kontak kami di:

Toko Herbal Samarinda

d/a Rumah Detox
jl. Gerilya gg. porturin no 10 Rt 94
Samarinda


HP-WA-Line 085249669957 / 085249469377
BBM DA1E934A / D233A0AC

twitter: @detox_couch
instagram: @DETOX_COUCH
FB: Toko Herbal Samarinda

#care2share
#detoxyourbody
#slimfit

supported by:


http://tokoherbal-samarinda.blogspot.com

No comments:

Post a Comment