Wednesday, April 23, 2014

Gemuk dan Pikun

Berat badan berlebih atau kegemukkan tidak hanya membuat kita menjadi minder dan susah beraktivitas, tapi ternyata orang yang berbadan gemuk terbukti lebih cepat mengalami pikun dan memiliki daya ingat yang buruk.




Para ahli di Perancis telah berhasil menemukan indikasi adanya hubungan antara kelebihan berat badan dan kemampuan intelektual seseorang. Hasil penelitian ini, seperti tercantum pada jurnal Neurology, menunjukkan bahwa orang-orang pada usia middle-aged (sekitar 40-65 tahun) dengan indeks massa tubuh yang tinggi, atau obesitas, memiliki nilai yang lebih rendah pada tes kemampuan intelektual. Tidak hanya itu, orang-orang yang memiliki indeks massa tubuh yang tinggi juga mengalami penurunan daya ingat akibat bertambahnya usia yang lebih parah.

Penelitian tersebut dilakukan berdasarkan studi terhadap 2.223 orang dewasa sehat di Perancis dengan kisaran usia antara 32-62 tahun pada 1996. Saat itu, mereka mengikuti tes kognitif standard untuk menilai kemampuan mereka seperti ingatan, perhatian, dan kecepatan belajar. Lima tahun kemudian, mereka mengikuti tes yang sama.


Para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa mereka dengan indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi mendapatkan nilai tes yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang memiliki BMI yang rendah. Mereka juga cenderung memperlihatkan kemerosotan kognitif yang lebih besar selama penelitian itu. Beberapa faktor seperti usia, pendidikan, dan kesehatan juga ikut menjelaskan keterkaitan tersebut. Hasil penelitian itu juga menyatakan bahwa mereka memiliki angka yang lebih tinggi untuk penyakit jantung, penyakit urat darah, dan juga diabetes.

Indeks massa tubuh (IMT) sendiri merupakan nilai perbandingan antara tinggi dan berat badan seseorang yang digunakan untuk menentukan tingkat obesitas. Seseorang yang memiliki IMT ≥ 25 menunjukkan bahwa orang tersebut mengalami kelebihan berat badan. Para peneliti juga menyatakan kemungkinan adanya sel lemak yang berlebihan yang berdampak langsung pada fungsi otak, misalnya hormon leptine (hormon yang dikenal dengan hormon lapar) yang dihasilkan oleh sel lemak, mampu memainkan peran dalam kemampuan seseorang untuk belajar dan mengingat.

Kemampuan intelektual yang paling berkaitan dengan berat badan adalah daya ingat. Di dalam penelitian ini, para subjek yang berada pada usia middle-aged diminta untuk mengingat 16 buah kata. Setelah beberapa saat, mereka diminta untuk menuliskan kembali kata-kata tersebut. Tes ini dikenal sebagai delayed free recall. Ternyata, para subjek dengan indeks massa tubuh yang lebih kecil (IMT 15-21.5) dapat mengingat 9 dari 16 buah kata tersebut sedangkan para subjek dengan indeks massa tubuh yang tinggi (IMT 27.7-45) hanya dapat meningat 7 buah kata.

Hubungan antara obesitas dan kemampuan intelektual ini diyakini karena obesitas berkaitan dengan kurang baiknya metabolisme hormon insulin di dalam tubuh. Hormon insulin berkaitan dengan metabolisme glukosa, yang merupakan sumber energi terpenting bagi otak. Obesitas juga berkaitan erat dengan penyakit kardiovaskular, termasuk penyumbatan pada pembuluh darah. Hal ini dapat mempengaruhi pembuluh darah di otak sehingga otak tidak berfungsi dengan baik.

Hasil penelitian lain, seperti tercantum pada jurnal Eating and Weight Disorders, juga menemukan hal yang sama. Penelitian ini menggunakan subjek dengan rentang usia yang lebih luas (21 hingga 82 tahun), dan menunjukkan bahwa kaitan antara obesitas dan penurunan daya ingat tidak dipengaruhi oleh usia.


Nah, sekarang bertambah lagi satu alasan baru bagi Anda yang memiliki kelebihan berat badan untuk semakin berjuang menurunkan berat badan Anda. Jalanilah gaya hidup yang sehat dengan mengatur pola makan dan fitnes secara teratur. Kurangilah asupan kalori makanan Anda dengan menggantinya dengan meal replacement dengan kalori terkontrol, nutrisi dari asupan suplemen yang seimbang. Jangan sampai berat badan yang berlebih itu membuat Anda menjadi pikun!

Untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat konsumsi Spirulina dan Noni Plus secara rutin. Dan jangan lupa konsumsi Mistica dan Nutriburst untuk membantu mengontrol berat badan agar tetap ideal. terutama pada nutrisi dalam program Vital 3.


Untuk info dan pemesanan, silahkan kontak kami di:


Toko Herbal Samarinda

d/a Rumah Detox
jl. Gerilya gg. porturin no 10 Rt 94
Samarinda


HP-WA-Line 085249669957 / 085249469377
BBM DA1E934A / D233A0AC

twitter: @detox_couch
instagram: @DETOX_COUCH
FB: Toko Herbal Samarinda

#care2share
#detoxyourbody
#slimfit

supported by:


http://tokoherbal-samarinda.blogspot.com

No comments:

Post a Comment