Sunday, November 30, 2014

Benarkah Makan Malam Menambah Berat Badan?

Kita terkadang sering menemui orang-orang yang tidak makan malam karena alasan sedang berdiet dan takut berat badannya bertambah. Benarkah makan malam menambah berat badan? 

benarkah-makan-malam-menambah-berat-badan


Padahal, makan malam bukanlah sesuatu yang harus dihindari dan ditakuti, justru harus dilakukan, karena pada malam hari tubuh memerlukan asupan nutrisi setelah lelah beraktivitas seharian, serta butuh nutrisi untuk perbaikan sel tubuh pada saat kita istirahat.

Namun banyak yang terjebak dengan kondisi tersebut. Lantas bagaimanakah cara menyiasati agar makan malam kita tetap sehat?? Berikut tips-nya:

Batasi Kalori dan Karbohidrat

Anda tetap harus membatasi asupan kalori dan karbohidrat malam hari jika tidak ingin berat badan bertambah. Selain itu, makan malam tidak akan berpengaruh pada berat badan jika Anda memang makan dalam porsi yang cukup dengan memasukkan menu makanan kaya protein di dalamnya.


► Hindari Makan Larut Malam

Beberapa orang memiliki masalah dengan waktu tidur, secara sadar ataupun insomnia membuat orang tetap terjaga sampai larut malam. Nah, pola tidur yang terganggu ini merupakan salah satu faktor mengapa orang seringkali makan larut malam dengan menu yang tidak terkendali. Makan larut malam yang tak terkendali ini bisa menyebabkan berat badan Anda bertambah tanpa disadari.

Sebagian besar orang mengetahui bahwa makan larut malam bukanlah ide yang baik jika memiliki masalah kelebihan berat badan. Kalori tinggi yang dikonsumsi akan mengendap di dalam tubuh karena baru akan dicerna dan diserap ke dalam aliran darah beberapa jam kemudian pada saat kita tidur. Saat tidur, metabolisme tubuh menurun dan menyebabkan penyerapan kalori rendah yang kemudian mengendap.

sayur-dan-protein


► Lebih Baik Dengan Tinggi Serat 

Ketika jam makan tiba, memperbanyak porsi serat akan cukup membantu mengenyangkan dan membantu penyerapan nutrisi. Selain mempermudah kerja usus, serat juga akan membantu mengikat sisa makanan sebelumnya, sehingga esok harinya kondisi tubuh akan membuang kotoran yang memang harus dibuang. Nutriburst adalah salah satu serat TERBAIK untuk tubuh anda.


► Perbanyak Air Putih

Dan jangan lupakan air putih. Segelas besar air putih akan memberika efek kenyang yang instant dan tentu saja menyehatkan. Air putih akan membantu makanan mengembang dalam lambung, sehingga lambung akan terasa penuh dan kenyang.



Studi Mengenai Hubungan Makan Larut Malam dan Berat Badan

Beberapa penelitian menemukan bahwa orang-orang yang memiliki kecenderungan untuk makan larut malam beresiko menambah berat badan dua kali lebih besar daripada orang yang memiliki pola makan 3 kali sehari.

Pada penelitian terhadap tikus, para peneliti belum bisa memastikan mengapa tikus yang makan pada waktu yang mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Mereka berspekulasi hal ini terjadi karena interaksi antara suhu tubuh, hormon metabolisme seperti leptin, dan siklus tidur-bangun. 

Penelitian pada manusia akan menjelaskan lebih lanjut tentang ini, tubuh manusia diprogram untuk menjadikan malam hari sebagai waktu untuk istirahat yang juga berdampak pada penurunan suhu tubuh dan peningkatan hormon leptin untuk menekan nafsu makan. Tetapi, ketika gaya hidup dan pola makan manusia berubah, hal ini akan menjadi penyebab utama dari kenaikan berat badan.

Faktor lain yang dicurigai memiliki pengaruh pada penambahan berat badan adalah kurangnya waktu tidur yang akan mengganggu metabolisme. Hal ini akan menjadi penyebab utama kegemukan bila dikombinasikan dengan makan larut malam.


Nah sekarang bagaimana dengan anda?? Apakah Anda salah satu orang yang gemar makan larut malam? Sebaiknya Anda mulai menghindari kebiasaan tersebut untuk menghindari kelebihan berat badan. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

detox-your-body


Solusi Untuk Alternatif Makan Malam
Tentu saja untuk merubah pola makan dan jam "makan"-nya akan sangat berpengaruh dalam kondisi tubuh anda. Dengan menggunkan pola makan yang benar, maka tubuh akan ringan dalam bekerja dan bermetabolisme. Semakin cepat tubuh kita bermetabolisme, maka kalori akan cepat terbakar sehingga tubuh akan senantiasa fit dan langsing.

Tentu anda akan bertanya, pola seperti apa yang harus dilakukan???

Pola tersebut disebut Pola Makan Super Nutrisi, yakni sebuah pola makan khusus bagi mereka yang menginginkan kondisi badan yang prima, langsing, sehat, dan awet muda dengan metode Detox Your Body.

Anda mau???

Cobalah..!! Anda pasti tidak menyesal

Salam.... ^^


P.S. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang program Detox Your Body Life silakan hubungi Konsultan Detox kami, di:

Toko Herbal Samarinda

d/a Rumah Detox
jl. Gerilya gg. porturin no 10 Rt 94
Samarinda


HP-WA-Line 085249669957 / 085249469377
BBM DA1E934A / D233A0AC

twitter: @detox_couch
instagram: @DETOX_COUCH
FB: Toko Herbal Samarinda

#care2share
#detoxyourbody
#slimfit

supported by:


http://tokoherbal-samarinda.blogspot.com

No comments:

Post a Comment